Selasa, 25 Juni 2013

Tulisan ke-3 Softskill Bahasa Indonesia 2

Nama: Cahyadi Surya Graha
NPM: 21110500
Kelas: 3KB02


Sistematika Menulis yang Ilmiah tetapi Ringan
 
     Sesuai dengan judulnya, Sistematika Menulis yang Ilmiah tetapi Ringan. Disini kita akan membahas bagaimana membuat tulisan yang walaupun bukan bersifat ilmiah tetapi tata letak dan sistematikanya ilmiah. Dalam membuat sebuah tulisan apapun jenisnya, secara ilmiah sebuah tulisan tersebut memiliki struktur atau sistematika. Berikut sistematika penulisan yang ilmiah.
     Dalam seni tulis menulis, penulisan memiliki 3 (tiga) struktur yang umum diketahui dan digunakan dalam penulisan bersifat apapun. Yaitu :

  • Pendahuluan / Permasalahan 
  • Isi
  • Penutup

   Pertama, Pendahuluan / Permasalahan. Di setiap penulisan, tentunya kita sebagai penulis akan memaparkan pendahuluan/permasalahan alasan mengapa kita menulis suatu tulisan atau karya. Di bagian ini kita dapat menjelaskan tujuan kita membuat suatu tulisan dan alasan mengapa kita mengangkat topik sehingga terciptanya suatu tulisan tersebut.
     Kedua, Isi. Di bagian ini, kita menulis isi atau pokok yang ingin kita sampaikan atau kita tulis serta menyertakan bukti-bukti atau evidence agar menguatkan tulisan kita. Dalam menulis, tidak hanya sekedar menulis apa yang ingin penulis tulis, tetapi dengan menyertakan evidence (bukti) sebuah karya atau tulisan dapat berdiri kokoh tanpa ada yang meragukan kebenaran dari tulisan tersebut.
      Ketiga, Penutup. Pada bagian ini kita dapat menyertakan Simpulan, Saran, dan Rekomendasi dari Isi yang kita paparkan atau kita tulis. Contoh Rekomendasi : Tulisan ini tidak sempurna, oleh karena itu diharapkan pada para pembaca untuk menyampaikan hal-hal yang berbau masukan terhadap tulisan ini.
      Jadi, dalam menulis apapun jenisnya, kita bisa tetap menulis dengan ilmiah tetapi ringan asalkan kita tahu struktur-struktur umum penulisannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar