Selasa, 16 April 2013

Tugas ke-1 Softskill Bahasa Indonesia 2


Nama: Cahyadi Surya Graha
NPM: 21110500
Kelas: 3KB02



1. Jelaskan dengan contoh “penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar”!
Berbahasa Indonesia yang baik dan benar adalah dapat menggunakan rgam bahasa yang serasi dengan sasarannya. Akan tetapi dengan mengguanakan kaidah-kaidah bahasa yang ada tentunya. Kaidah bahasa meliputi aspek: (1) tata bunyi, (2) tata istilah dan kosakata, (3) tata kalimat, (4) ejaan, dan (5) makna.
Pada aspek tata bunyi, misalnya kita telah menerima bunyi /f/, /v/, dan /z/, kata yang benar adalah: fajar, fakir, motif, aktif, variabel, vitamin, devaluasi, zakat, zebra, dan izin; bukan pajar, pakir, motip, aktip, pariabel, pitamin, depaluasi, jakat, jebra, dan ijin. Demikian halnya dengan pelafalan: kompleks, korps, transmigrasi, dan ekspor; bukan komplek, korp, tranmigrasi, dan ekspot.
Pada aspek tata istilah dan kosakata, misalnya kata: tak, bilang, kasih, entar, dan udah, sebaiknya diganti dengan:tidak, berkata/mengatakan, memberi/mengasih, sebentar, dan sudah. Demikian halnya dengan istilah: pengaruh (impact), pelabuhan udara/lapangan terbang (airport), hasil (output), dan pajak tanah (land tax), sebaiknya diganti dengan: dampak, bandar udara, keluaran, dan pajak bumi.

2. Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi!
-Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi pemersatu seluruh suku di tanah air.
-Rambu-rambu lalu lintas sebagai media alat untuk menyampaikan pesan-pesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar